Overclock pada Notebook

overclock notebookOVerclock menjadi sebuah keasyikan sendiri bagi seorang PC mania seperti saya ini. Menjalankan sebuah PC dengan kecepatan diatas kecepatan standart (default) merupakan sebuah tantangan besar. Ibarat prinsip ekonomi, mencari untung sebesar2nya dengan modal sekecil2nya. Atau bisa juga menjadi kaya dengan awal sebagai orang miskin. Apapaun itu, pada intinya adalah mencapai hasil yg diinginkan dengan berusaha dari awal (nol).

Ide ini muncul ketika seorang teman memamerkan pada saya “laptop” :mrgreen: -teman saya ini penggemar tukul, jd menyebutnya laptop, bukan notebook- Acer Aspire 4315 yg baru dibelinya. Usut punya usut, ternyata duit 8 juta yg seharusnya dibelikan notebook hp/ toshiba, sudah dikorupsi, sehingga tinggal 5,5juta. Sehingga mau tidak mau kawan saya ini membeli 4315 itu, guna pertanggungjawaban amanah dari orang tuanya. Mendengar kata celeron, orang awam sudah memandangnya sebelah mata. Begitu pula dengan komunitas hotspot di Jogja, mereka seolah sinis jika melihat/ mendengar kata celeron. Temannya temen saya ini ngatain: “apa itu celeron, nih kaya punyaku core 2 duo” Padahal mereka aja masih suka ngenet gratisan, sok gaul dan gengsi doang, awam ttg dunia notebook, kok berani ngece… 😡

Akhirnya kuputuskan “gimana kalo kita OC 4315mu? berani?” Temen saya bilang “Oke!!!” Langkah awal adalah restart dan masuk BIOS. Bajingan!!! 😳 pikirku… ternyata BIOS notebook sangat sederhana, gak selengkap BIOS mobo DFI-ku. Akhirnya aku inget… Clockgen, yg pernah jadi solusi saat pertama kali belajar OC 5 tahun lalu adalah tool paling oke u/ mengoprek PC dengan setting BIOS sederhana. Tanpa pelu diinstall, kujalankan sopwer clockgen itu. Awalnya kugeser kekanan slidebar bagian atas dalam menu PLL control, CPU, FSB, dan RAM meningkat, kuhentikan pada frekuensi CPU 2002, 3, sementara frekuensi RAM menjadi 384, 2 lalu klik di Apply selection… Apa yg terjadi? ternyata notebook menjadi hang 😦

Kuulangi lagi restart, lalu menurunkan CPU menjadi 1900, 12, sementara frekuensi RAM otomatis turun juga menjadi 366, 69. Klik lg di Apply selection, hang lagi dan restart lagi. Setelah berkali2 restart, akhirnya kami menemukan frekuensi yg stabil, yaitu CPU 1810, 7 dan RAM 350, 79… Ini sih namanya bukan OC… OCnya anak SD pikirku 😦

Pencerahan muncul, saat melihat spesifikasi memory, ternyata memory notebook berjalan pd frekuensi 667 Mhz, alias PC 5300!!! 😯 💡 Lantas saya merekomendasikan pada teman, “bagaimana jika memory SODIMM kamu ini kita upgrade jadi PC 6400 frekuensi 800Mhz? OCnya jelas oke!” Temen saya ini manut aja. Akhirnya kami menghubungi penjual notebook 4315 itu, lalu berkonsultasi jika kami ingin menjual memory standart bawaan 4315 ini. Mas penjual bersedia hanya membeli seharga 100ribu, untuk memory bawaan 512MB ini. Setelah duit 100ribu ditangan, kami berburu SODIMM 1GBx2 PC 6400… Ternyata harapan tidak sesuai dengan kenyataan, mencari SODIMM PC 6400 seperti mencari jarum di tumpukan jerami, hampir seluruh toko notebook di Jogja kami datangi dan barang yang kami cari tidak ada “SODIMM PC 6400 gak ada mas, adanya 5300…” Setelah hampir putus asa kami mendatangi sebuah toko kecil yang memasang spanduk “GET MORE, MUSHKIN” ketika bertanya tentang barang yg kami cari, mbak penjual yg ternyata lumayan cantik berparas oriental pun mengangguk “ada mas… Mushkin SODIMM 1GB PC 6400 180ribu” Aku langsung bilang “minta 2!!!” Akhirnya setelah nego 2 keping SODIMM 1GB PC 6400 dibayar dengan harga 350ribu, ditempat itu pula proyek OC 4315 ini kami teruskan. Dan hasilnya: Seperti harapanku, CPU berada pada posisi 2400,8 dan RAM pada 451,89, begitu pula ketika dicek dalam CPU-Z -ups… sorry skrinsut CPU-Z 4315 OC ini belum diupload- Dan sangat stabil dalam 3dmark 2003, super pi mod 8MB, prime95 ❗ Lalu kami set supaya setting OC tersebut bisa berjalan tiap kali menyalakan notebook (startup). Kami berjalan dengan langkah senang keluar dari toko tersebut 😉

Akhirnya, kami berhasil menyumpal mulut para hotspot mania yg sesumbar itu 😛 dengan mengatakan “neh celeron ku bisa sama kinerjanya ama core 2 duo mu” Rasanya puas, bisa nyenengin temen, bisa membesarkan hati teman, dan bisa menegakkan kembali kepala teman yg semula tertunduk 😆 BTW, gak harus pake clockgen lho buat instant OC di notebook, pake sopwer setfsb juga bisa, tutorialnya bisa dilihat disini. Caranya hampir sama dengan clockgen.

Teman saya itu begitu senang dengan hal ini, namun imbasnya tiap kali dia bepergian, dia selalu membawa travel charger, karena 4315nya setelah di OC menjadi lebih boros 😯 Namun segala sesuatu memiliki imbasnya, OC -overclock- berimbas pd borosnya baterai dan panas. Sisi positifnya, temanku itu kini malah jadian sama tacik penjual Mushkin itu -ya secara dia juga anggota ras kuning, manusia2 pendatang, oriental getoo loh- selamat aja deh koh, ditunggu makan2nya :mrgreen:

Apapun yg ada, tulisan ini hanyalah pengalaman pribadi, sharing saja. Hasil yg akan didapat tentunya berbeda pada spesifikasi tiap2 notebook. Mungkin jika teman2 mencoba, bisa mencapai hasil yg lebih maksimal, bahkan bisa mencapai skor extreme. Mohon maaf apabila ada kata2 yg kurang berkenan, kritik dan saran ditunggu.

Wassalam 😉

Explore posts in the same categories: Workshop PC

Tag: , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

23 Komentar pada “Overclock pada Notebook”

  1. tomy Says:

    weh…keyen bangets,,,ternyata laptop jg bs di oversoul ya eh overclock maksudnya…tapi bs ga ya GPU laptop di OverSoul (overclock maksudnya )…klo uda bisa, kasi tau aku yew di http://animeindo.wordpress.com

    Reply:

    Bisa kok bang tomy, pake Atitool, donlot dimari. Tp keknya baru sekedar buat GPU bawaan ATI dan NVIDIA doang, kalo intel saya ndak tau, belum pernah nyoba. Orang saya mau nyambungin notbuk ke tipi aja di V3906TU setengah mati sulitnya 😡 keknya intel masih amatiran kalo soal GPU.. Nyebahi…

  2. Ruly Says:

    Mas Muskin Sodim beli dimana??kalau 2GB PC6400 harganya brp??

    Reply:
    Bang Rully, saya dapet sodimm mushkin 2GB (2X1GB) di konter2 Jogjatronik, lupa nama konternya.. 😕
    Kalok sampeyan kebetulan berkunjung ke Jogjatronik, cari disitu konter yg memasang spanduk “mushkin”, cuma satu konter itu doang kok :mrgreen:
    Saya dapet tiap kepingnya seharga 180rb, mungkin skr sudah naik, krn dollar juga sedang mahal2nya -O
    terimakasih buat komennya

  3. vincent Says:

    Mas Muskin saya ada masalah dengan oc di aspire 4715z, saya tidak clock generator mana yang bisa di gunakan untuk notebook saya, tiap kali saya coba dengan sembarang clock generator dapatnya error seperti ini: SMbus error dan PLL byte error.
    kenapa bisa begini, mohon pencerahanya..
    terima kasih

    Reply:

    Hehehe, Saya juga sering mengalami hal spt itu. Karena ndak semua mobo notbuk supot PLL yg tersedia di clockgen
    Coba saja 1/1 PLL yg tersedia di clockgen, semoga sedikit membantu, hehehe

  4. vincent Says:

    udh di coba mas, tp tetap aja enggak bisa, error juga. padahal notebook 4315 dan 4715 hampir sama, buku manualnya aja sama jadi speknya lebih kurang aja. tetapi tetap aja tidak bisa….

    Reply:

    Wah ya kurang tau itu, emang sih saat itu PLLnya tidak terdeteksi berapa frekuensinya (blank), tp slidenya masih bisa digeser2, dan nyatanya berhasil. Jika sampeyan tidak bisa berarti emang sepertinya sampeyan kurang beruntung, temen saya satu itu emang bener2 lucky bastard :mrgreen:


  5. […] ketika saya berhasil menegakkan kepala seorang teman yang sempet minder gara2 punya notbuk Celeron, baca disini. Semoga bermanfaat, mohon maaf apa bila ada kata2 yang kurang berkenan, Wassalam Tidak ada […]

  6. Hendra Says:

    mas, kalo acer 4715z bisa OC g?
    saya pake memori 2Gb PC2-6400 1 keping?

    • encyblogedia Says:

      mas, kalo acer 4715z bisa OC g?
      saya pake memori 2Gb PC2-6400 1 keping?

      tergantung mas, kalo sampeyan nemuin pll yg tepat di clockgennya, overclock sangat mungkin

  7. wachied Says:

    kalo zyrex qUW Gimana nhe?? pke core 2 duo pengen di upgrade biar kenceng,,

    • encyblogedia Says:

      pertama mungkin butuh apget memory sodimm jd 2gb… Trus, buat naikin frekuensinya butuh pake clockgen atau setfsb. ingat, kenceng bukan jaminan, yg penting kestabilan sistem itu sendiri 🙂

  8. Rizal Says:

    Mas, saya minta Clock Generatornya Acer 4315 itu dong yg di ClockGen ..
    saya mw coba nih ..
    coz notbuknya sama ..

  9. agung Says:

    laptop ku podo mas karo tempat temenmu itu..
    tapi masih pake yang PC 5300 tapi udah tak tambahin yang asli 512mb tetep dipake soalnya PC5300 juga jadi saya cari ram tambahan 2gb yang sama pula PC5300 ..
    jadi total 2.5GB PC5300 .. nah yang mau ditanya kalo masih make PC5300 itu OC gag sempurna ya mas.??
    kira2 niy nek di taksir nambah berapa kecepatannya untuk PC5300…???
    soale gag tau kenapa ini kerja procie kurang manteb .. celeron juga 2.0 Ghz…
    bales yaow mas …
    thankyuu sebelumnya.

    • encyblogedia Says:

      di CPUZ, memori 4315 bekerja pada frekuensi 333Mhz (PC 5300). Kalo pake Clockgen, buat naikin frekuensi procie, maka otomatis frekuensi memori juga naik. Sementara PC 5300 mentok bekerja pada frekuensi 333Mhz, biar kinerja procie meningkat tanpa terhalangi frekuensi memori yg sudah mentok itu, maka diganti pake memori PC6400, biar performa procie bisa mencapai batas maksimal. cuma imbasnya ya batre jd cepet ngedrop dan rusak 😦

      Aturan Procie itu sudah lumayan powerful, wong celeron itu L2nya 1MB, tinggal di mainin pake clockgen. Cuma ya gampang2 susah mas Agung, gak ngerti neh clockgen kok pll nya banyak yg tidak support dengan notbuk ya… tp semoga keberuntungan anda spt temen saya itu… Monggo di coba 🙂

  10. agung Says:

    nahh kalo mau diganti procie nya yang nge pass lobange pake procie apa mas ..?..
    dulu cari yang 6400 gag ada jadi ya 5300 deh jadinya ..

    • encyblogedia Says:

      Weleh… buat procie notbuk, emang sih, pake soket 478, seperti pentium 4 jadul itu. namun saya ndak ngerti apakah support. Lagian, keknya ndak ada, mungkin jarang, yang jualan procie mobile… Mending beli PC aja mas kalo mau overclock atau ngegame 🙂
      Maturnuwun buat pertanyaannya

  11. jeno Says:

    mas, bisa di jelasin pengatura pll yang di pake buat acer 4315 ..?

  12. Pandawa Says:

    Mas, saya punya laptop Aspire 4715Z (T2310@1.46MHz) pengen di-OC.
    Kebetulan dulu saya sempet upgrade RAM. Yg prtama saya upgrade 1GB PC-5300. Trus nambah lagi 1GB PC-6400, yg 512MB-nya dsimpen. Klo beda2 frek RAMnya itu bisa ga? Soalnya sya gaptek,jd maen beli aja RAMnya. Hehe

  13. unix Says:

    hahaha punya saya malah aspire 5315,nta dah ane tes hihihi

  14. unix Says:

    hahaha punya saya malah aspire 5315,ntar dah ane tes hihihi

  15. dix Says:

    apa ya pll buat aspire 4315

  16. amry Says:

    PLL untuk Acer Aspire 4315 yang mana mas ? yang dipilih read clock yang mana mas ?


Tinggalkan komentar